어서 오세요,한국어를 공부 합시다...Selamat Datang di Web Kami dan Mari Kita belajar Bahasa Korea !

Kamis, 06 November 2014

Bahasa Korea A / V + (스) ㅂ 니다


Pola Kata Sifat/ kata kerja (formal) : A / V + (스) ㅂ 니다


Pola Tata Bahasa Korea ini digunakan untuk kalimat deklaratif formal. Untuk kalimat interogatif (pertanyaan), Anda harus menggunakan pola A / V + (스) ㅂ 니까.

Pola Tata Bahasa Korea ini muncul dalam situasi formal dan didengar di tempat-tempat seperti kereta bawah tanah dan bus pengumuman dan berita. Pola ini juga dapat digunakan ketika pembicara ingin menunjukkan tingkat yang lebih tinggi sebagai rasa hormat, terutama untuk orang tua dan orang yang mempunyai jabatan dalam Bahasa Korea.

Cara Penulisan Polanya:

PatternCaseExample
Pola 1:Kata Sifat/Kata Kerja
 + ㅂ니다
 jika akhiran kata sifat/ kata kerja adalah vokal
setelah dihilangkan " 다 "

가다 → 가가+ㅂ니다 → 갑니다
Rule 2:Kata Sifat/Kata Kerja
 + 습니다
 jika akhiran kata sifat/ kata kerja adalah konsonan 
setelah dihilangkan " 다 " 
먹다→ 먹
먹+습니다 → 먹습니다

Contoh Kalimat Bahasa Korea

Bahasa KoreaBahasa IndonesiaKeterangan
감사합니다. 고맙습니다.Terima KasihBentuk Formal 
만나서 반갑습니다.Senang Bertemu AndaBentuk Formal 
오늘 날씨가 춥습니다.Hari ini cuacanya dinginBentuk Formal 
저는 배가 고픕니다.saya laparBentuk Formal 
비가 옵니다.Hujan tiba Bentuk Formal 
저는 친구를 기다립니다.saya menunggu temanBentuk Formal 
저는 한국을 사랑합니다.Saya Suka KoreaBentuk Formal 
한국 학생들이 영어를 배웁니다.semua Murid Korea Belajar Bahasa InggrisBentuk Formal 
김선생님 이제 오셨습니다Guru Kim sekarang DatangBentuk Formal 
juga menggunakan
A/V + 시 untuk bentuk sopan
내일 8시까지 도착해야 됩니다."
"네, 알겠습니다.
Besok sampai jam8 harus berangkat " ya" saya
mengerti
Bentuk Formal 





Cara pembentukannya adalah:

가다 (bentuk dasar di kamus) → 가 ( kata kerja, menghilangkan 다 itu, tidak ada pat'chim di 가) → 갑니다 (kata kerja  + ㅂ 니다).

있다 (bentuk dasar di kamus) → 있 (batang kata kerja, menghilangkan 다, ada sebuah pat'chim di 있) → 있습니다 (kata kerja  + 습니다).

Contoh kalimat:


저는 학교 에 갑니다.
Aku pergi ke sekolah

저는 학생 입니다.
Saya pelajar.

동생 이 밥 을 먹 습니다.
My adik / kakak makan.

저 분이 우리 아버지 입 이다.
Orang ini saya / ayah kami.

한국어 를 공부 하러 한국 에 왔습니다
Aku datang ke Korea untuk belajar bahasa Korea.

오늘 은 날씨 가 춥 습니다.
Cuaca dingin hari ini



Unknown Web Developer

Perkenalkan saya adalah Muh Rohwan , selain sebagai pengajar Bahasa Korea , juga sebagai web developer berbasis Blogger.dengan motto: tidak ada orang yang pintar di dunia ini, yang ada hanyalah mereka mengerti duluan, dan tidak ada yang bodoh di dunia ini, hanya mereka belum tahu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar