어서 오세요,한국어를 공부 합시다...Selamat Datang di Web Kami dan Mari Kita belajar Bahasa Korea !

Minggu, 09 Oktober 2011

Angka Dalam Bahasa Korea


1. Bilangan Angka Dalam Bahasa Korea

hitungan Angka Dalam Bahasa Korea di bagi menjadi 2 yaitu :
  1. Angka Dalam Bahasa Korea asli dan
  2. Angka Dalam Bahasa Korea yang di sadur dari bahasa cina ( Sino Korea )
penggunaan Angka Dalam Bahasa Korea menjadi pokok dalam kehidupan sehari-hari yang mencangkup berbagai bidang dan aspek.
dibawah ini anda dapat belajar membaca Angka Dalam Bahasa korea :

Numbers
Angka       Pure Korean       Sino-Korean
(Bilangan)  (asli Korea)         (saduran dari Bahasa Cina)
1                하나(한)                    일
                  ( Hana )                      ( il )
2                둘(두)                        이
                  ( Dul )                         ( i )
3                셋(세)                        삼
                  ( Set )                         ( Sam )
4                넷(네)                        사
                  ( Net )                        ( Sa )
5                다섯                          오
                  ( Dasot )                     ( O )
6                여섯                          육
                  ( Yosot )                     ( Yuk )
7                일곱                           칠
                  ( Ilgop )                       ( Chil )
8                여덟                           팔
                   ( Yodol )                    ( phal /fal )
9                아홉                           구
                   ( Ahob )                     ( Gu )
10              열                               십
                  ( Yol )                         ( Sib )
11              열하나                      십일
                  ( Yol Hana )                ( Sib il )
12              열둘                           십이
                   ( Yol Dul )                  ( Sib i )
13              열셋                          십삼
                   ( Yol Set )                  ( Sib Sam )
14              열넷                          십사
                   ( Yol Net )                 ( Sib sa )
15              열다섯                      십오
                   ( Yol Dasot )             ( Sib O )
16              열여섯                      십육
                   ( Yol Yosot )             ( Sib Yuk )
17              열일곱                      십칠
                   ( Yol ilgop )               ( Sib Chil )
18              열여덟                      십팔
                   ( Yol Yodol )             ( Sib Phal )
19              열아홉                      십구
                   ( Yol Ahob )              ( Sib Gu )
20              스물(스무)               이십
                  ( Semul )                    ( i Sib )
30              서른                         삼십
                  ( Soren )                    ( Sam Sib )
40              마흔                         사십
                  ( Mahen )                  ( Sa Sib )
50               쉰                            오십
                  ( Suin )                      ( O Sib )
60              예순                         육십
                  ( Yei Sun )                 ( Yuk Sib )
70              일흔                         칠십
                  ( Iren )                       ( Chil Sib )
80              여든                        팔십
                  ( Yoden )                 ( Phal Sib )
90              아흔                         구십
                  ( Ahen )                     ( Gu Sib )

100             백  ( Beik )

1,000             천 ( Chon )

10,000             만 ( Man )

100,000         십만 ( Sib Man )

1,000,000         백만 ( Beik Man )------> dibaca : Beng Man


10,000,000         천만 ( Chon Man )

100,000,000         억 ( Og )

1,000,000,000         십억 ( Sib Og )

10,000,000,000         백억 ( Beik Og )

100,000,000,000     천억 ( Chon Og )

1,000,000,000,000     조 ( Co )

keterangan
 ketika kita membaca Angka Dalam Bahasa Korea dapat di sederhanakan sebagai berikut:
setelah angka 10 ( sepuluh ),20 ( dua puluh )....sampai 90 ( sembilan puluh ) dibelakang angka , kita sebutkan angka dari awal 1( satu ) sampai 9 (sembilan)

Silahkan di lihat video dibawah ini ( angka 1-19) :



Video angka 20 - 99



Contoh :

Berikut adalah Contoh Cara Belajar Bahasa Korea, ketika membaca Angka Dalam Bahasa Korea yang mudah
  • angka (asli Korea) 11 = 10 ( 열 / yol ) + 1 (하나 / hana ) =====> 11 ( 열 하나 / yol hana )
  • sino Korea            11 =  10 ( 십 /sib )  + 1 ( 일 / il )         =====> 11 ( 십 일 / sibil )    

Penggunaan Angka korea Asli:


Menyatakan berapa buah   :  ....
contoh:
사과 한 개 ( Sagua Han Ge )


Menyatakan jumlah orang   : .... 명/ 사람

Menyatakan berapa ekor    : .... 마리

Menyatakan berapa gelas   : ....

Menyatakan berapa gelas   : ....

Menyatakan berapa botol   : ....

Menyatakan berapa jilid      : ....

Menyatakan berapa lembar : ....

2. Kata Benda - Angka dan Menghitung

Ada dua cara mengucapkan angka di Korea. Ini adalah:
Sino-Korea angka - 일, 이, 삼, ...
Angka asli Korea - 하나, 둘, 셋, ...

Angka Sino-Korea yang digunakan untuk tanggal, menit dan harga.
Angka asli Korea yang digunakan untuk menghitung, usia dan jam.


Angka Sino-Korea [Tanggal, Menit dan Harga]

Kunci untuk menghafal pengucapan dari angka Sino-Korea untuk belajar dari 1 (일) sampai 10 (십), dan menggunakan sepuluh angka ini sebagai blok bangunan untuk mempelajari sisa angka. Berikut adalah daftar sepuluh angka pertama:
1 = 일
2 = 이
3 = 삼
4 = 사
5 = 오
6 = 육
7 = 칠
8 = 팔
9 = 구
10 = 십

Dari 11-19, apa yang perlu Anda lakukan adalah mengatakan 10 (십) pertama dan mengatakan nomor yang '.
Sebagai contoh,

11 = 10 + 1 → 십 + 일 = 십일
12 = 10 + 2 → 십 + 이 = 십이
13 = 10 + 3 → 십 + 삼 = 십삼
17 = 10 + 7 → 십 + 칠 = 십칠
19 = 10 + 9 + → 십 구 = 십구


Dari 20 dan seterusnya, ia bekerja dengan cara yang sama. Tapi di samping itu, 20, 30, ..., 90 yang diucapkan dengan cara berikut:

20 = 이 + 십 = 이십 (Lit. 2-10)
30 = 삼 + 십 = 삼십 (Lit. 3-10)
50 = 오 + 십 = 오십
80 = 팔 + 십 = 팔십
90 = 구 + 십 = 구십

Selain itu,

21 = 이십 + 일 = 이십일 (Lit. 2-10 satu)
22 = 이십 + 이 = 이십 이
32 = 삼십 + 이 = 삼십 이
45 = 사십 + 오 = 사십 오
57 = 오십 + 칠 = 오십 칠
89 = 팔십 + 구 = 팔십 구

100 adalah 백, dan 200 adalah 이백 yang secara harfiah berarti 'dua ratus. "Lalu bagaimana Anda katakan 300 sebagai angka Sino-Korea? Ya, itu 삼백 (Lit. seratus lima)

100 = 백
101 = 백일
105 = 백오
127 = 백 이십 칠
200 = 이백
219 = 이백 십구
324 = 삼백 이십사
508 = 오백팔
731 = 칠백 삼십일
945 = 구 백사 십오

1000 adalah 천, maka 2000 adalah? Ya, itu 이천. Lalu bagaimana Anda katakan 3283 dengan cara Sino-Korea? Ini 삼천 이백팔 심삼. [Lit. tiga ribu dua ratus delapan lewat sepuluh three]

1000 = 천
1001 = 천일
1035 = 천삼 십오
2427 = 이천 사백 이십 칠
8492 = 팔천 사백 구십 이

Apa 10000? Ini 만. Hal ini tidak 십천 (atau sepuluh ribu). 20000 adalah 이만, 30000 adalah 삼만 dan sebagainya.

10000 = 만
10002 = 만이
10.034 = 만삼 십사
20.673 = 이만 육백 칠십 삼
84.832 = 팔만 사천 팔백 삼십 이

Sekarang 100000 adalah 십만 dan 200000 adalah 이십 만. Pada titik ini, itu akan membantu Anda memahami sistem penamaan angka-angka ini jika Anda berpikir mereka dalam hal jumlah mereka nol. Berikut adalah apa yang saya maksud:

10000 adalah 만
10,0000 adalah 십만
100,0000 adalah 백만
1000,0000 adalah 천만
1,0000,0000 adalah 억 (TIDAK 만만)
10,0000,0000 adalah 십억
100,0000,0000 adalah 백억
1000,0000,0000 adalah 천억
1,0000,0000,0000 adalah 조

Anda dapat melihat bahwa angka mendapatkan nama baru setiap kali mereka mendapatkan tambahan 4 angka nol. Hal ini berbeda dengan bahasa Inggris di mana nama nomor berubah setelah setiap tambahan 3 angka nol. Misalnya, 'ribu', 'juta' dan 'miliar'.


Namun, ketika kita menulis angka, kita mengikuti standar internasional dalam koma ditempatkan setelah setiap tiga. Contoh di atas di mana koma ditempatkan setelah setiap 4 angka nol adalah untuk tujuan pemahaman lebih mudah saja. Oleh karena itu:

만 = 10.000
십만 = 100.000 (TIDAK 10,0000)
백만 = 1.000.000 (TIDAK 100,0000)

Mari kita merevisi apa yang telah kita pelajari di atas:

11 = 십일
12 = 십이
13 = 십삼
20 = 이십
25 = 이십오
30 = 삼십
40 = 사십
50 = 오십
56 = 오 십육
70 = 칠십
80 = 팔십
100 = 백
101 = 백일
107 = 백칠
120 = 백 이십
150 = 백 오십
200 = 이백
202 = 이백 이
537 = 오백 삼십 칠 [500 +30 + 7 → 오백 + 삼십 + 칠 = 오백 삼십 칠]
1000 = 천
2000 = 이천
2500 = 이천 오백
10000 = 만
10500 = 만오 백 [10000 + 500 + → 만 오백 = 만오 백]
53.847 = 오만 삼천 팔백 사십 칠 [50000 + 3000 + 800 + 40 + 7 → 오만 + 삼천 + 팔백 + 사십 + 칠 = 오만 삼천 팔백 사십 칠]

Berikut ini adalah contoh bagaimana angka Sino-Korea yang digunakan untuk tanggal, menit dan harga.


[Tanggal]

Urutan di mana tanggal ditulis terbalik di Korea. Sebuah hari dalam seminggu datang pertama, kemudian bulan dan kemudian tahun. [tahun = 년, sebulan = 월, satu hari dalam seminggu = 일]

Perhatikan bagaimana angka Sino-Korea yang digunakan dalam mengucapkan tanggal.
28 Jan 2010 → 2010 년 1 월 28 일 = 이천 십년 일월 이십 팔일
17/10/2011 → 2011/10/17 = 2011 년 10 월 17 일 = 이천 십일 년 시월 십 칠일

Catatan: 10 월 tidak 십월, melainkan 시월. Pengecualian ini disebabkan oleh kecanggungan mengucapkan 십월, yang cukup rumit untuk diucapkan. Oleh karena itu 10 월 adalah 시월 demi pengucapan itu.


[Menit]

Angka Sino-Korea juga digunakan untuk 'menit' tetapi tidak untuk 'jam'. Angka Korea yang asli yang digunakan untuk mengucapkan jumlah 'jam' dijelaskan di bawah ini di bagian kedua tulisan ini.

[satu jam, pukul = 시, satu menit (s) = 분, am = 오전, pm = 오후]

09:38 → 오전 9 시 38 분 = 오전 아홉 시 삼십 팔분
06:19 → 오후 6 시 19 분 = 오후 여섯시 십 구분


[Harga]

Mata uang Korea disebut 'menang. "Simbol adalah '₩', dan itu diucapkan 원.

12.800 ₩ → 12.800 원 = 만이 천 팔백 원
39.130 ₩ → 39.130 원 = 삼만 구천 백삼 십원



Angka Korea asli [Counting, Umur dan Jam]

Sistem penomoran dasar angka asli Korea adalah sama dengan angka Sino-Korea. Namun, selain 09:59, ada kebutuhan untuk mempelajari pengucapan khusus puluhan, yaitu 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80 dan 90.

Dari 100, pengucapan adalah sama dengan angka Sino-Korea yang kita telah melihat di atas. [ratus (100) = 백, ribu (1000) = 천, sepuluh ribu (10000) = 만]

1 = 하나
2 = 둘
3 = 셋
4 = 넷
5 = 다섯
6 = 여섯
7 = 일곱
8 = 여덟
9 = 아홉
10 = 열
11 = 열 하나
12 = 열 둘
13 = 열 셋
17 = 열 일곱
20 = 스물
21 = 스물 하나
22 = 스물 둘
23 = 스물 셋
30 = 서른
40 = 마흔
50 = 쉰
55 = 쉰 다섯
60 = 예순
70 = 일흔
75 = 일흔 다섯 [70 + 5 + → 일흔 다섯 = 일흔 다섯]
80 = 여든
90 = 아흔
100 = 백
189 = 백 여든 아홉 [100 + 80 + 9 + → 백 여든 + 아홉 = 백 여든 아홉]

Di bawah ini adalah contoh bagaimana angka asli Korea yang digunakan dalam menghitung, usia dan jam.


[Menghitung]

Angka asli Korea yang digunakan untuk menghitung, misalnya jumlah orang dalam satu kelas, jumlah mobil di tempat parkir, jumlah apel di pohon apel, jumlah pensil atau pena di atas meja, dll

1, 2, 3, 4, 5 ... = 하나, 둘, 셋, 넷, 다섯, ...

Ketika menghitung, kita menggunakan kata-kata khas pengenal yang disebut counter. Setiap jenis objek (atau orang dalam hal ini) memiliki counter mereka sendiri untuk membedakan mereka dari jenis lain. Sistem kontra ini adalah sedikit seperti sistem yang ditemukan dalam bahasa Inggris, yaitu 3 gelas jus, 5 gelas air. Namun, sistem penghitungan Korea meluas ke setiap objek.

Sebagai contoh,

tiga cangkir jus = 주스 세컵
lima gelas air = 물 다섯 잔
enam orang = 여섯 명 (사람)
lima mobil = 차 다섯 대
tiga apel = 사과 세개
dua pensil = 연필 두 자루
empat buku = 책 네권
sepuluh mawar = 장미 열 송이

Di bawah ini adalah beberapa counter yang paling umum digunakan dalam menghitung.

명 = orang
마리 = hewan
대 = mobil
개 = benda (ini sangat banyak digunakan untuk benda mati)
자루 = panjang, benda ramping
그루 = pohon
송이 = bunga
켤레 = sepatu
장 = kertas
권 = buku
살 = umur
층 = lantai [The angka Sino-Korea yang digunakan untuk menghitung jumlah lantai, yaitu lantai pertama = 일층, lantai = 이층, dan lantai delapan = 팔층]

Perlu diketahui juga bahwa 하나 menjadi 한, dan konsonan akhir dari masing-masing 둘, 셋, 넷 dan 스물 dihilangkan ketika mereka melekat pada counter. Sebagai contoh,
(물) 한잔 = segelas air (tidak 하나 잔)
(종이) 두장 = dua lembar kertas (tidak 둘장)
(신발) 세 켤레 = tiga pasang sepatu (TIDAK 셋 켤레)
(사람) 네명 = empat orang (TIDAK 넷명)
(나이) 스무 살 = dua puluh (tahun) (TIDAK 스물 살)

Counter bekerja dalam cara yang mirip dengan beberapa kata-kata dalam bahasa Inggris kontra, misalnya 장 mirip dengan 'potongan' dan 켤레 mirip dengan 'pasangan'.


[Umur]

Seperti yang kita telah melihat di atas, meja, 살, melekat tahun. Sebagai contoh:

1 = 한살
2 = 두살
3 = 세살
4 = 네살
5 = 다섯 살
7 = 일곱 살
10 = 열살
11 = 열한 살
12 = 열두 살
13 = 열세살
17 = 열일곱 살
20 = 스무 살
24 = 스물 네살
32 = 서른 두살
58 = 쉰 여덟 살


[Jam]

Angka asli Korea juga digunakan untuk 'jam' tetapi tidak untuk 'menit' yang menggunakan angka Sino-Korea.

10:25 → 오전 10 시 25 분 = 오전 열시 이십오 분
19:30 → 오후 7 시 30 분 = 오후 일곱 시 삼십분 atau 오후 일곱 시 반 (반 berarti 'setengah')


[Bulan]
한달 = 1 bulan
두달 = 2 bulan
세달 = 3 bulan
네달 = 4 bulan
다섯 달 = 5 bulan
여섯 달 = 6 bulan
일곱 달 = 7 bulan
여 덞달 = 8 bulan
아홉 달 = 9 bulan
열달 = 10 bulan

contoh kalimat

2 달 동안 학교 를 다니고 2 주 동안 방학 을 했다 = Aku pergi ke sekolah selama 2 bulan dan memiliki istirahat (libur) selama 2 minggu.


muh rohwan Web Developer

Perkenalkan saya adalah Muh Rohwan , selain sebagai pengajar Bahasa Korea , juga sebagai web developer berbasis Blogger.dengan motto: tidak ada orang yang pintar di dunia ini, yang ada hanyalah mereka mengerti duluan, dan tidak ada yang bodoh di dunia ini, hanya mereka belum tahu...

18 komentar:

  1. cara membedaakan penggunaan angka antara angka korea dengan china itu bagaimana pak?

    BalasHapus
  2. kalo sino utk menghitung hari, uang n ukuran jarak. tapi klo korea asli untuk satuan benda, jam, waktu n usia :)

    BalasHapus
  3. kalau seperti soal misalkan soal pertama, soal kedua, dll. itu pake sino atau korea asli, pak? mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menyatakan nomor soal digunakan sino korea

      Hapus
  4. Pak, biasanya angka korea asli ada yang disingkat, contohnya 1 (하나) jadi 한. Itu biasanya kenapa ya pak dan buat apa ? Terima kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey terima kasih kevin atas kunjungannya : untuk menghitung angka korea asli 1 ( 하나 ) menjadi 한 perkecualian ,jika kita menghitung dengan angka korea asli dari 1(하나),2(둘 => 두 ) 3,( 셋 => 세) 4 ( 넷 => 네) dengan catatan angka tersebut diikuti dengan benda:
      rumusnya : angka ( 1,2,3,4 ) + Benda

      contoh :
      # untuk menyatakan jumlah binatang/ekor ( 마리 ):
      1 ekor => 한 마리
      2 ekor => 두 마리
      3 ekor => 세 마리
      4 ekor => 네 마리

      berlaku juga untuk angka 11,12,13,14 atau 21,22,23,24 dan seterusnya, semoga bermanfaat , dapatkan buku terbaik untuk belajar bahasa korea di: http://www.bukubahasakorea.blogspot.com/2013/07/buku-bahasa-korea-terpadu.html

      Hapus
  5. Oh ya 1 lagi, bilangan Korea asli dari 100 sampai 1 triliun sama dengan angka sino korea ya pak ? Saya kebingungan, hehe... Tolong dijawab ya pak, terima kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar untuk angka 100 - 1 triliun sama menggunakan sino korea, bahkan dalam percakapan sehari - hari orang korea setelah hitungan 30 menggunakan sino korea yang sangat simple...semoga bermanfaat

      Hapus
  6. Maaf.. mau tanya..
    gimana sih caranya menyusun angka sino?
    Jika ada kalimat yang formasinya menyatakan tanggal lahir seperti : Sangireun …. nyeon … wol …. Il imnida.
    Gamsahamnida ^^

    BalasHapus
  7. gimana penyebutannya kalau angka desimal

    BalasHapus
  8. Sangat membantu , trimakasih sudah berbagi ilmu :-)

    BalasHapus
  9. maaf bisa di definisikan secara detail penggunaan angka asli korea dan sino nya..
    mis>>angka asli korea penggunaan nya untuk apa saja??
    angka suno nya untuk apa saja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah berkunjung di website kami, untuk detailnya klik aja :
      http://depotkorea.blogspot.com/2014/11/angka-sino-korea.html

      Hapus
  10. Utk satuan gram atau cm itu juga pake sino kah? Saya agak susah cari literatur utk satuan tersebut. Terimakasih

    BalasHapus